Waktu Tempuh Bus Rapid Transit (BRT) Koridor I

Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu melalui Bidang LLAJ melakukan survey finalisasi waktu tempuh Bus Rapid Transit (BRT) Koridor Pertama dengan titik jalur yaitu Betungan- Simpang Kandis – Simpang Lapangan Golf – Jl. Jenggalu – Pariwisata Pantai Panjang – Kawasan Sport Center – Pasar Bengkulu – Benteng Marlborough – Sungai Hitam – Pasar Pedati, pulang pergi (PP).

Bus Rapid Transit atau disingkat BRT adalah sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.Berbasiskan bus dengan sistem transit yang menggunakan teknologi kualitas tinggi yang berjalan baik dapat memberikan pelayanan dengan kualitas lebih baik dibandingkan pelayanan bus lainnya. BRT mampu melayani market tertentu (semua penumpang) dengan mengangkut penumpang dari lokasi sekarang menuju tujuan mereka dengan frekuensi tinggi dan waktu yang lebih cepat.

BRT sebagai salah satu program pemerintah dalam peningkatan aksesibilitas dan konektivitas antar wilayah, serta mendukung program Pemerintah dalam pengembangan sistem angkutan umum massal berbasiskan bus. Sehingga diharapkan BRT sebagai angkutan yang mampu menjangkau seluruh kawasan perkotaan dan mampu melayani seluruh lapisan masyarakat secara handal dan berkelanjutan.

Dalam hal ini diperlukan dukungan Pemerintah dalam pemeliharaan operasional BRT di Provinsi Bengkulu yang selanjutnya disebut “Bus Trans Rafflesia Bengkulu”. Kegiatan Pemeliharaan dan Operasional BRT “Bus Trans Rafflesia Bengkulu” saat ini baru meliputi pemeliharaan dan operasional terhadap 5 (lima) unit Bus Rapid Transit (BRT) yang merupakan bantuan/hibah dari Kementerian Perhubungan Tahun 2016 untuk Tahun Anggaran 2018.

Bus Rapid Transit ini rencananya akan dilaksanakan launching operasional pada bulan Oktober 2018 dengan harapan akan diresmikan langsung oleh Plt. Gubernur Rohidin Mershyah, MM. (Reka/Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *