Rencana Pengalihan Pelabuhan Khusus PT. Injatama Menjadi Pelabuhan Umum

Ketahun, peninjauan pelabuhan PT. Injatama yang dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu yang di dampingi oleh Kepala Bidang Pelayaran dan jajarannya di Pantai Muara Sungai Ketahun, Senin (06/02).

Hal ini menindaklanjuti perintah Gubernur Bengkulu untuk melakukan pertemuan dengan Direktur PT. Injatama selaku pemilik pelabuhan di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dan berkeinginan menjadikan pelabuhan PT. Injatama dari status pelabuhan khusus menjadi pelabuhan umum. Pengalihan status tersebut dalam rangka menunjang kepentingan daerah dan akan didukung pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Mengingat tingkat kerusakan jalan yang tinggi dan mengurangi resiko usia jalan yang terlalu cepat dikarenakan beban angkutan kendaraan sehingga seluruh produksi dari Bengkulu Utara, Mukomuko dan Lebong dapat ditarik melalui pelabuhan khusus PT. Injatama. Selain itu tingkat cost operasional yang lebih murah dengan standar PNBP Pelabuhan Umum guna kepentingan bukan saja angkutan batu bara tapi juga seperti sawit, dan komoditas lainnya.

Saat ini PT. Injatama dalam tahap melakukan pemenuhan persyaratan akan dilakukannya peninjauan dermaga terkait rencana pemerintah akan membangun pelabuhan terminal khusus menjadi terminal umum (sementara) dari sisi administrasi, akses dan alur pelayaran dengan memperhatikan tingkat kedalaman (sedimentasi).

“Pihak pemerintah akan memberi informasi kepada seluruh perusahaan yang ada di Bengkulu Utara hingga Mukomuko terkait dengan rencana pelabuhan PT. Injatama menjadi pelabuhan umum dan akan dilakukan proses percepatan pengalihan dengan menyiapkan lay out dan masterplan disesuaikan dengan konsep jasa pelayanan pelabuhan umum”, ujar Ir. B. Budi Djatmiko, MM selaku Kadishub Provinsi Bengkulu. (Reka)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *