Persiapan Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Transportasi

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor : 35 Tahun 2016 tentang Penerapan Electronic Government pada Pemerintah Provinsi Bengkulu, tersedianya data yang semakin banyak dan variatif, mendorong Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu merancang suatu sistem baru yang diharapkan dapat membuat kemudahan agar setiap data yang diperoleh dapat diolah menjadi informasi yang tepat dan cepat.

Dilatarbelakangi realita kebutuhan manusia akan informasi memperlihatkan gejala yang semakin pesat, sehingga perlu penanganan yang lebih tepat sesuai dengan prinsip hemat waktu, tepat guna, tepat sasaran, dan dapat dipercaya. Untuk memungkinkan penyampaian informasi, maka digunakan suatu teknologi sistem komputer guna mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Dengan adanya pemanfaatan fasilitas sistem informasi tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna dan menarik. sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara luas.

Penerapan suatu sistem aplikasi yaitu SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) TRANSPORTASI, Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu bertujuan dapat memberikan informasi mengenai gambaran transportasi di Provinsi Bengkulu, yang di dalamnya mencakup informasi transportasi sektor perhubungan yaitu transportasi Darat, Laut dan Udara.

Mewujudkan pendataan Sistem Transportasi Sektor Perhubungan yang dirancang secara online dan dapat diakses dengan jangkauan pada wilayah provinsi, kabupaten dan kota. Aplikasi SIM ini nantinya akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar transportasi sektor perhubungan dan jadwal beroperasi maupun rute-rute yang dilalui serta informasi mengenai kondisi lokasi/daerah yang terdapat provinsi Bengkulu melalui fasilitas peta.

Kegiatan Pembangunan Sistem Teknologi Informasi Perhubungan sebagai salah satu perwujudan Pembangunan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan dalam mengembangkan suatu sistem informasi geografis jalur transportasi umum di Provinsi Bengkulu berbasis aplikasi yang bereferensi spasial menggunakan perangkat lunak open source.

Pada rapat internal (17/01/2017) di ruang rapat Enggano Kantor Dinas Perhubungan terkait persiapan pelaksanaan SIM Transportasi ini Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Ir. B. Budi Djatmiko, MM menjelaskan bahwa pengaruh transportasi sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan terjadinya inflasi disuatu wilayah khususnya provinsi Bengkulu. Maka dari itu Kadishub mengajak bersama-sama merancang, mendukung dan menerapkan program SIM Transportasi ini agar  dapat menunjang seluruh kegiatan Dinas Perhubungan yang sinkron dengan pelaksanaan Visi Misi Gubernur Bengkulu termasuk mendukung program Visit Bengkulu 2020. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *