Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran TA 2019

Guna mensinergikan program dana APBN Kementerian Perhubungan Tahun Anggran 2019 dengan program dana APBD agar terlaksananya Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran tahun 2019 antara Provinsi, Kabupaten dan Kota dilaksanakan rapat pembahasan RKA-KL TA 2019 di ruang Enggano Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu (02/02/2018).

Rapat pembahasan ini diterangkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Ir. B. Budi Djatmiko, MM dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan terkait Pembukaan Dan Pelaksanaan Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja Dan Anggaran (RKA) Tahun 2019 di Kementerian Perhubungan (01/02/2018).

Dijelaskan Kadishub bahwa perlunya dorongan peningkatan iklim investasi dengan mengarahkan partisipasi pihak swasta untuk berinvestasi pada pengembangan dan pembangunan infrastruktur sektor perhubungan, dalam rangka pengembangan aksesibilitas dan konekstivitas transportasi baik darat, laut, udara dan perkeretaapian.

Usulan program yang menjadi prioritas pengembangan dan pembangunan pada sektor perhubungan TA 2019 diuraikan sebagai berikut:

  1. Sektor Perhubungan Darat melakukan revitalisasi UPPKB, fasilitas keselamatan, keperintisan jalan untuk angkutan orang dan barang, fasilitas keselamatan transportasi serta angkutan penyeberangan.
  2. Sektor Perhubungan laut dengan menigkatkan pengembangan pelabuhan pulau Baai untuk mendukung Kawasan ekonomi Khusus dan integrasi dengan moda transportasi darat dan perkeretaapian serta pembangunan pelabuahan baru di Mukomuko serta pelabuhan penyeberangan di Bengkulu Selatan dan pengembangan angkutan perintis laut dan ternak.
  3. Sektor Perhubungan udara melakukan percepatan pengembangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu sesuai masterplan terutama terminal apron dan landasan pacu, pengembangan perintis udara serta pengembangan rute udara.
  4. Perkeretaapian dengan melaksanakan percepatan pembangunan kereta api Kota Padang – Pulau Baai oleh PT. Trans Rentang Nusantara (TRN) serta integrasi dengan pelabuhan Pulau Baai untuk mendukung KEK kawasan pelabuhan Pulau Baai.

Rapat ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten/Kota, Bappeda Provinsi Bengkulu, Balai Perhubungan Darat, UPBU Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, UPBU Bandara Muko-Muko, KSOP Pulau Baai Bengkulu, UPP Linau, UPP Malakoni Enggano, PT. ASDP Cabang Bengkulu, Perum Damri stasiun Bengkulu dan para pejabat Eselon III dan Eselon IV Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu.

Terkait program pemerintah tahun 2019. Kabupaten/kota mengusulkan beberapa program untuk kepentingan wilayah yaitu di antaranya, pemasangan rambu-rambu lalu lintas jalan nasional, pagar pengaman jalan, pengadaan lampu hati-hati, pembagunan jalan yang rusak, jembatan timbang portable dan angkutan Sungai Ketau yang ada di Lebong dimana yang akan di realisasikan di tahun 2019.

“Semua usulan akan kita upaya maksimalkan” ungkap Rahman selaku Kepala Balai Lampung. (Reka)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *