Peningkatan Jalan Tanjung Agung, Palik – Lubuk Durian, Dishub Provinsi Tertibkan Armada Kelebihan Tonase

Jalan merupakan suatu prasarana perhubungan mempunyai peranan yang sangat penting terutama terkait perwujudan perkembangan antar daerah yang seimbang dan pemerataan hasil-hasil pembangunan serta pemantapan pertahanan dan keamanan dalam merealisasikan sasaran pembangunan di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Untuk itu pemerintah daerah berupaya untuk menciptakan jaringan pelayanan jalan sebagai upaya mencipatakan kelancaran, keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi masyarakat dalam berlalulintas khususnya di jalan umum.

Guna menciptakan mutu jaringan pelayanan jalan sebagai upaya pemerintah daerah dalam menciptakan kelancaran, keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna lalu lintas di jalan umum. Dinas perhubungan provinsi Bengkulu melalui Bidang LLAJ melakukan penertiban armada yang melebihi tonase pada pekerjaan peningkatan jalan Tanjung Agung Palik – Lubuk Durian (11/12/18).

Agar jalan dapat tetap berfungsi sebagaimana mestinya, dan terlebih lagi dalam rangka keselamatan orang dan barang di jalan, maka perlu adanya pengaturan dan pengendalian penggunaan khususnya terhadap kendaraan bertonase berat.

Dampak nyata yang ditimbulkan oleh muatan berlebih (overloading) atau kendaraan truk bertonase berat adalah kerusakan jalan sebelum periode maupun umur teknis rencana tercapai, dimana jalan merupakan sarana untuk publik. Jika kerusakan jalan dapat memperpendek umur jalan, maka dibutuhkan dana yang cukup besar untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut. Selain itu pemerintah juga membutuhkan anggaran untuk membangun jalan di daerah-daerah yang terisolir. (Reka/Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *