Jadwal Penerbangan Bandar Udara Perintis Pulau Enggano Akan Ditambah

Bali, Rapat Koordinasi 1 Angkutan Udara Printis Tahun Anggaran 2018 di Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta mulai 31 Januari – 1 Februari 2018 yang dihadiri oleh Dinas Perhubungan Provinsi se-Indonesia, seluruh Kepala Kantor Otoritas Wilayah Bandar Udara, Seluruh Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara, Kepala Bagian Kerjasama Dan Hubungan Masyarakat Setditjen Perhubungan Udara, Kasubdit Angkutan Udara Niaga Berjadwal, Kasubdit Sistem Informasi Dan Pelayanan Angkutan Udara, Dan Kasubdit Bimbingan Usaha Dan Tarif Jasa Angkutan Udara.

Direktur Perhubungan Udara menjelaskan bahwa Angkutan udara perintis adalah sebagai angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain.

Sehubungan hal ini Kementerian Perhubungan akan menambahkan jadwal penerbangan dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulu menuju Bandar Udara Perintis Pulau Enggano menjadi 5x dalam seminggu, mengingat Pulau Enggano merupakan pulau terdepan wilayah Provinsi Bengkulu yang berada di tengah Samudera Hindia selain dapat di akses lewat jalur laut juga dapat di akses lewat jalur udara dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.

Selain rute Bengkulu – Enggano penerbangan perintis di Bengkulu juga dijadwalkan melayani Bengkulu – Mukomuko yakni kabupaten yang berbatasan dengan Sumatera Barat dengan jadwal penerbangan 3x seminggu. Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu juga menambah jadwal penerbangan Bengkulu – Padang dengan jadwal penerbangan 3x seminggu.

Usulan untuk Tahun Anggaran 2019 yang direncanakan dengan adanya penambahan rute penerbangan baru seperti Enggano – Krui (Lampung) dan Enggano – Lampung. Penambahan rute penerbangan antar kabupaten itu adalah sebagai upaya untuk mewujudkan Bandar Udara Fatmawati Bengkulu menjadi penerbangan domestik Sumatera.

Dari hasil rapat koordinasi ini disampaikan oleh Direktur Perhubungan Udara agar pemerintah daerah dapat mendukung program yang direncanakan pada tahun 2019 ini dengan menerbitkan surat rekomendasi dukungan Gubernur, Bupati dan Walikota. (Reka)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *