Vision & Mision

Visi dan Misi Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu

      I.   Visi Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu

Visi pembangunan sektor perhubungan Provinsi Bengkulu periode 2016 – 2021 adalah : “ TERWUJUDNYA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERHUBUNGAN YANG HANDAL UNTUK MENUNJANG PEMBANGUNAN BENGKULU YANG MAJU, SEJAHTERA, BERMARTABAT DAN BERDAYA SAING TINGGI ”.

 Penjelasan visi di atas adalah sebagai berikut :

  1. Handal adalah di indikasikan tersedianya layanan transportasi yang nyaman, tepat waktu, terpelihara, mencukupi kebutuhan, dan secara terpadu.
  2. Berdaya saing di indikasikan oleh tersedianya pelayanan transportasi yang efisien, terjangkau, dan kompetitif, yang dilayani oleh penyedia jasa dan SDM yang berdaya saing, professional, mandiri dan produktif.
  3. Bengkulu yang maju mengandung  makna masyarakat Provinsi Bengkulu yang berpengetahuan dan sadar akan kebutuhan secara individual atau kelompok serta mampu menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan regional, nasional dan global dengan tetap mempertahankan ciri dan identitas masyarakat Provinsi Bengkulu yang beragam serta bijaksana dalam menghargai adat istiadat dan kearifan local
  4. Bengkulu yang sejahtera mengandung makna masyarakat Provinsi Bengkulu yang terpenuhinya layanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian rakyat serta terpenuhinya kebutuhan jasmaniah dan rohani dalam kerangka kehidupan yang berkeseimbangan secara lahir dan batin. Melalui pelaksanaan visi ini diharapkan akan terwujud derajat kehidupan masyarakat Provinsi Bengkulu yang mampu memenuhi kebutuhan dasar, sesuai dengan potensi sumberdaya alam dan lingkungan.
  5. Bengkulu yang bermartabat mengandung makna masyarakat Provinsi Bengkulu yang memiliki kebanggaan dan dihargai sebagai masyarakat yang memiliki kompetensi, bertakwa serta memiliki nilai-nilai luhur budaya bangsa. Visi ini dapat tercapai apabila masyarakat Provinsi Bengkulu sudah maju dalam segenap aspek kehidupan, sejahtera dalam aspek jasmani  dan rohani, dan bermartabat dalam aspek kemampuan dan keunggulan diri.
  6. Bengkulu yang berdaya saing tinggi mengandung makna bahwa Provinsi Bengkulu memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif, yang tercermin dalam tata kelola pemerintahan, profesionalisme aparatur, pelayanan publik, iklim usaha dan investasi, infrastruktur dasar dan infrastruktur strategis, komoditas unggulan, kemaritiman serta kepemudaan dan keolahragaan.

     II. Misi Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi (Pasal 1 ayat (13) UU No. 25 Tahun 2004). Misi merupakan pernyataan secara luas dan komprehensif tentang tujuan instansi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang akan diberikan atau dilaksanakan, kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi, kelompok masyarakat yang dilayani, serta nilai-nilai yang dapat diperoleh.

Dinas  Perhubungan Provinsi  Bengkulu menetapkan misi 2016-2021 sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keamanan dan keselamatan transportasi;
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan dan SDM perhubungan;
  3. Meningkatkan prasarana dan fasilitas perhubungan.