Paparan Rencana Induk Pengembangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno

#dishubupdate (1/11/2017). Prensentasi Rencana Induk dan Program Pengembangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno oleh Kepala UPBU Fatmawati Soekarno dilaksanakan di Ruang Rapat Kenanga Lantai II Kantor Gubernur. Rapat yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu ini dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan program pengembangan infrastruktur strategis di Provinsi Bengkulu dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu.

Pada awal sambutan singkatnya, Sekda menyampaikan keinginan Pemerintah Provinsi dapat meningkatkan pembangunan Bandar Udara Fatmawati Soekarno serta memiliki komitmen dalam mendukung program pengembangan infrastruktur strategis di Provinsi Bengkulu. Dijelaskan juga bahwa dalam tahap pengembangan nantinya diharapkan tetap tersedianya fasilitas Ruangan VIP yang saat ini menjadi Aset milik Pemerintah Provinsi dan akan dilakukan proses hibah. Dikarenakan lokasi ruangan VIP akan berbenturan dengan pengembangan terminal sisi kiri yang pelaksanaannya akan dimulai di 2018.

Rencana induk pengembangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno ini secara bertahap dituntaskan sampai tahun 2034 mendatang. Dijelaskan oleh Kepala UPBU Fatmawati Soekarno, pada 2017 ini telah berjalan pembangunan gedung kantor. Pelaksanaan pembangunan gedung terminal tahap 1, gedung operasional, pemindahan gedung tower dan DVOR, serta penambahan pelataran pesawat (apron) akan dilaksanakan pada 2018 mendatang.

Pada 2019 akan dilaksanakan pembangunan gedung terminal tahap 2, perluasan apron dan pembuatan taxiway C, pemindahan jalan masuk dan perluasan parkir kendaraan serta pematangan lahan perpanjangan runway 13 menjadi 2.500 m.

Diharapkan pelaksanaan Program Pengembangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno dapat segera direalisasikan dengan didukung pihak terkait guna mendukung program prioritas Gubernur Visit to Bengkulu 2020. Dalam hal ini Dinas Perhubungan menindaklanjuti pembebasan lahan pintu masuk bandara seluas 17ha, yang akan dilaksanakan dalam dua tahapan.

Rapat ini dihadiri oleh Bappeda Bengkulu, PT. Pelindo Bengkulu, Perum Damri Bengkulu, Biro Hukum Pemerintah Provinsi, Biro Keuangan Pemerintah Provinsi, Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. (Lia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *