HADIRI MUSRENBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN, DISHUB PROVINSI BENGKULU INVENTARISIR USULAN SEKTOR PERHUBUNGAN

 

Berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah mengamanatkan bahwa setiap daerah di wajibkan menyusun Rencana Pembangunan Daerah untuk Jangka Panjang 20 tahun (RPJPD), Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah 5 tahun (RPJMD), dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek 1 tahun (RKPD).

Dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang tersebut, Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksankan pada tanggal 20-21 Maret 2019. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai upaya koordinasi, sinkronisasi dan integrasi percepatan pencapaian visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2016-2021 yaitu menuju Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Sejahtera.

Kegiatan Musrenbang Kabupaten Bengkulu Selatan ini di hadiri oleh Gubernur Bengkulu, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu daerah pemilihan Kabupaten Bengkulu Selatan, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu dan Kepala OPD Provinsi Bengkulu, Kepala OPD Kabupaten Bengkulu Selatan, Camat , dan tokoh masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kehadiran Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu ini selain sebagai peserta yaitu juga dalam rangka sinkronisasi, integrasi dan inventarisir isu starategis perencanaan pembanguan antara Kabupaten Bengkulu Selatan dan Provinsi Bengkulu khususnya sektor perhubungan. Dengan proses tersebut diharapkan hadirnya program dan kegiatan prioritas RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan selaras dengan isu strategis dan kebijakan Provinsi Bengkulu dan selanjutnya bisa disusun daftar program dan kegiatan yang akan diusulkan pembiayaannya pada APBD Provinsi Bengkulu dan APBN.

Hasil inventarisir di kegiatan Musrenbang Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2019 khususnya sektor perhubungan yaitu usulan Rehab Terminal Gunung Ayu dan Operasional terminal senilai Rp.4.698.664.422,- . Usulan ini akan di ajukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu dalam Musrenbang Provinsi Bengkulu yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2019. Usulan kegiatan ini akan di ajukan dalam kegiatan tahun 2020. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan membuat sektor perhubungan khususnya di Kabupaten Bengkulu Selatan dapat berjalan dengan lancar dan meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *