ANGKASA PURA II (AP II) SIAP KELOLA BANDARA FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU

Kabar gembira datang dari Direktur Angkasa Pura II Bapak M. Awaludin saat kunjungan kerjanya ke Bengkulu, Ahad(24/3/19). Di dampingi beberapa stafnya, Bapak M. Awaludin datang dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dengan PT Angkasa Pura II (Persero) terkait percepatan serah terima pengoperasian Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dari UPBU Kemenhub kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Pasca landing dengan menggunakan Maskapai Citylink, Bapak M. Awaludin di sambut di gedung VIP Bandara Fatmawati Sokearno oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan M. Yusuf, ST, Kepala Bidang Pengembangan dan Perkeretaapian Syafril, SE, MsTR, dan Kepala Bidang LLAJ Drs. Hasoloan Sormin,MM. Selanjutnya rombongan langsung menuju Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu untuk bertemu dengan Gubernur Bengkulu.

Di Gedung  Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, rombongan langsung disambut oleh Gubernur Bengkulu dilanjutkan dengan makan siang bersama dan berbincang  santai sambil menikmati hidangan. Dalam kesempatan itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, dalam kunjungan Presiden RI Februari lalu, Presiden menyampaikan bahwa dipastikan akan segera meng-uprgade infrastruktur strategis Bengkulu yaitu Bandara Fatmawati Soekarno. Sehingga, beberapa bulan kedepan setidaknya Mei 2019 proses pengembangan Bandara kebanggaan masyarakat Bumi Rafflesia ini bisa terlaksana.

“Kalau bisa jangan terlalu lama, 2 hingga 3 bulan kedepan, bahwa pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno dibawah pengelolaan Angkasa Pura II ini saya kira bisa dilakukan,” ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai menerima pertemuan dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero).

Lanjut Gubernur Rohidin Mersyah, pertemuan ini juga membahas terkait penambahan jalur penerbangan domestik seperti ke Sumatera Utara, Bandung dan Jogjakarta serta penerbangan internasional seperti ke Singapura dan Malaysia.“Jadi kita juga berharap penerbangan domestik bahkan internasional, dibawah pengelolaan Angkasa Pura II ini juga bisa segera terlaksana,” pungkasnya. .

Dikatakan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, kehadiran pihaknya ke Bengkulu juga sebagai bentuk upaya intensif antar stakeholder Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu percepatan serah terima pengoperasian Bandara tersebut. Pemerintah Provinsi Bengkulu diharapkan dapat mendukung percepatan proses serah terima pengoperasian bandara agar dapat segera terlaksana. Angkasa Pura telah menyiapkan dana sebesar 434 Milyar dalam rangka pengembangan fasilitas pokok yang ada di Bandara Fatmawati Soekarno seperti gedung terminal dan landasan serta apron.

Melihat laju pergerakan penumpang di Bandara Fatmawati Soekarno yang mencapai 1.068.450 penumpang di tahun 2018 telah melebihi kapasitas terminal eksistingnya yang hanya 500 ribu penumpang per tahun, dan pergerakan pesawat yang mencapai 9.751 pesawat per tahun serta pergerakan kargo yang lumayan sebanyak 4.132 ton. Ini menunjukkan ada prospek yang baik dari Bandara Fatmawati Soekarno kedepannya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Gubernur yang telah menerima kunjungan kerja kami ini dan mendukung dalam percepatan proses serah terima pengoperasian Bandara Fatmawati Soekarno. Sinergi seluruh stakeholder sangat diperlukan untuk percepatan pengelolaan ini” ucap Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Semoga pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno akan menunjang aksesibilitas dan konektivitas di Provinsi Bengkulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *